Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang SMK Bina Utama Kendal TA. 2020/2021

Perwakilan Ambalan Ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang 
 
Pramuka SMK Bina Utama Kendal melaksanakan kegiatan PTA pada Kamis, (05/11/2020). PTA merupakan kegiatan penerimaan tamu dari golongan usia peserta didik sebagai Penggalang pada jenjang SMP ke usia peserta didik Penegak di SMK/SMA yaitu memasuki usia 16 tahun. Golongan Penegak berusia 16-20 tahun. Untuk golongan Penegak dibagi menjadi dua, yaitu Penegak Bantara dan penegak laksana. 

Kagiatan PTA ini biasanya dilakukan dalam bentuk Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu), namun karena keadaan yang tidak memungkinkan akibat adanya pandemi Covid-19, pada akhirnya kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menghadirkan perwakilan kelas X sejumlah 6 anak, Penegak Bantara kelas XI dan XII sejumlah 25 anak. 

Kegiatan diawali dengan mengikuti upacara pembukaan kegiatan PTA di aula yang ada di lantai dua mulai pukul 07.30 s.d 08.30 WIB. Acara tersebut dilanjut dengan kegiatan penyampaian materi (seminar) secara daring menggunakan aplikasi Microsoft teams dengan pemateri Kak Ali Mashudi, S.Pd yang berisi: 

1. Penerimaan calon anggota Ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang

2. Sosialisasi kegiatan pramuka di SMK Bina Utama Kendal.

3. Pengenalan sejarah pramuka, pengenalan ambalan dan sejarah ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang. 

Upacara pembukaan PTA

Webinar dibagi menjadi dua sesi, yaitu: Sesi 1, yang terdiri atas kelompok 1: Kelas X TKJ dan RPL, dan Kelompok 2: Kelas X TBSM dan TBO. Sedangkan untuk Sesi 2, terdiri atas kelompok 3: Kelas X TKRO. Dari jumlah siswa kelas X yang berjumlah 512 siswa, partisipan yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 350 siswa. 



Kegiatan webinar berlangsung sampai pukul 11.15, selanjutnya 11.15- 11.30 Istirahat ,dan 11.30 s.d 12.00 penutupan. 

Dari kegiatan PTA ini, nantinya diharapkan adanya latihan rutin secara daring yang akan diadakan dengan frekwensi satu minggu sekali yang rencananya akan terbagi menjadi 3 kelompok. Untuk jadwal dan waktu pelaksanaan menyusul kemudian.[.red]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar