Mengenal Aplikasi Adobe Photoshop Lightroom untuk Hasil Foto Selevel Kamera DSLR


Gambar: Android Authority

Seiring dengan perkembangan teknologi smarthphone yang rata-rata sudah menyematkan kamera beresolusi tinggi, fotografi menjadi kebutuhan hampir semua orang yang tidak bisa dielakkan. Informasi banyak beredar melalui berbagai platform digital yang pada akhirnya membuat kita untuk ikut berlomba-lomba menjadi konten creator. Instagram misalnya, saat ini banyak digunakan untuk memberikan edukasi yang tidak hanya sekadar berisi foto asal jepret. Diperlukan sentuhan skill editing foto agar gambar yang di-display menjadi lebih menarik.

Bagi fotografer professional, melakukan editing foto sudah menjadi santapan sehari-hari dan bukan lagi sesuatu yang asing untuk dilakukan. Banyak dari para fotografer itu bahkan bisa menciptakan template filter yang dibagikan baik secara gratis atau berbayar untuk mendukung penyaluran skill yang dimiliki. Filter tersebut kemudian bisa digunakan oleh user lain dengan sekali ketuk tanpa perlu repot-repot mengatur warna, pencerahan, saturasi, dll secara manual sehingga memudahkan user yang tidak menguasai skill editing untuk menjadikan foto lebih ‘hidup’.

Banyak sekali aplikasi yang bisa dijadikan alat untuk mengedit foto, salah satunya Adobe Photoshop Lightroom. Adobe Photoshop Lightroom merupakan salah satu produk Adobe. Selain Adobe Photoshop Lightroom, mungkin kita sudah cukup familiar dengan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Reader, dan Adobe Indesign.

Adobe Photoshop Lightroom versi smarthphone praktis untuk digunakan dan sudah tersedia di Playstore. Tool yang sediakan juga sudah cukup lengkap untuk editing dasar seperti; manipulasi warna, pencahayaan, gradasi, mengurangi noise, mempertajam detil gambar, dan menyamarkan background untuk membuat gambar menjadi lebih aesthetic. Selain itu juga dilengkapi dengan tutorial bagi user pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi tersebut tapi punya keinginan untuk belajar mengekspresikan diri dalam hal editing foto. Sementara bagi pengguna yang tidak ingin repot-repot mengatur secara manual, disediakan berbagai jenis filter siap pakai yang bisa langsung digunakan dalam sekali klik.

Gambar: IDNTimes

Keunggulan Adobe Photoshop Lightroom antara lain:

Interface antar muka yang mudah dipahami memudahkan pengguna untuk melakukan eskplorasi dalam mengedit gambardilengkapi dengan file format RAW yang memungkinkan jangkauan editing dengan kualitas gambar lebih baik,

Sinkronisasi cloud memudahkan pengguna untuk menghemat space memori smarthphone, dan

Share web memudahkan pengguna untuk membagikan hasil gambarnya dengan jangkauan lebih luas ke platform-platform digital.

Sebelum dan Sesudah
Foto Diedit Menggunakan Adobe Photoshop Lightroom

Jadi, bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik untuk meningkatkan kualitas fotomu selevel hasil jepretan kamera DLSR?[red.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar