[TIPS] Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Oleh: Idha Budiati, S.Pd


Ilustrasi: Pexels

Saat pandemi seperti ini yang kita nggak tahu kapan berakhirnya, kita dituntut untuk bisa bertahan hidup dengan cara-cara yang di luar normal. Di luar normal ini maksudnya, bukan hal-hal yang biasa kita lakukan. Lalu bertahan hidup dengan cara apa? Berikut saya memiliki tips-tis sederhana yang bisa dilakukan untuk bertahan di tengah-tengah pandemi yang entah kapan akan berakhir:

1. Menjaga kesehatan (meningkatkan imun tubuh)

Nggak perlu dengan cara yang mahal, cara alami dan murah-murah saja bisa yaitu dengan sering berolahraga, makan teratur, tidur cukup, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, atau bahkan jika memungkinkan kita bisa mengonsumsi minuman jahe atau empon-empon yang merupakan salah satu tradisi nenek moyang kita. Selain itu kita harus rajin-rajin berjemur kayak dedek bayi gitu namun sekarang disarankan untuk berjemur sekitar jam 10.00 pagi.

2. Mencukupi kebutuhan pokok kita sendiri

Bagi para pegawai dan karyawan mungkin masih bisa bertahan dengan gaji yang masih diberikan oleh perusahaan atau negara. Nah lho bagi pekerja harian atau yang paling terdampak terus gimana? Nggak bisa juga, kan  bergantung  dan menunggu bantuan terus. Nah daripada mengharapkan bantuan yang entah kapan datangnya, sebaiknya kita mulai berpikir bagaimana mencukupi kebutuhan pokok kita sendiri. Misal dengan bercocok tanam, holkikultura di sekitar rumah, bisa juga dengan beternak memang sih, butuh waktu yang nggak sebentar. Namun daripada tidak memulai sama sekali dan seandainya mendapat bantuan pun lama-lama juga akan semakin menipis, sebaiknya kita mulai dari sekarang. Seingat saya sih, zaman dahulu tiap rumah, di dapurnya selalu terlihat bergelantungan gabah. Ketika beras sudah habis, mereka menumbuk gabah untuk dijadikan beras. Tapi saat ini mungkin sudah tidak bisa dijumpai lagi. Selain itu kita juga bisa menjual apa-saja, karena berjualan adalah alternatif yang cukup bagus, selain tidak membutuhkan keahlian khusus, juga tidak terlalu merepotkan. Lalu bagaimana dengan kebijakan pemerintah yang nggak membolehkan kita ke luar rumah? Tentu saja kita bisa menyiasatinya dengan berjualan secara online. Bukankah sosial media bisa dimanfaatkan melalui jejaring pertemanan yang ada?

3. Mulai berpikir untuk berwirausaha

Pasti tanya modalnya dari mana? Berwirausaha nggak harus banyak modal.  Yang terpenting dibutuhkan keberanian, keuletan dan kerja keras serta yang terpenting doa. Mulai berwirausaha dari sesuatu yang kita sukai misalnya memasak, maka kita bisa membuka usaha kuliner, sedangkan jika kita suka menjahit, maka kita bisa buka usaha konveksi kecil-kecilan.
Sementata 3 itu dulu ya, gaes. tips untuk bertahan hidup di tengah pandemi ini.
Jangan lupa stay at home, sering cuci tangan dan pakai masker jika mau keluar rumah.[]

Tentang Penulis:
Idha Budiati, S.Pd merupakan pengajar Fisika di SMK Bina Utama Kendal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar