Bulan Ramadhan dan Kasih Sayang

Oleh: Eko Wardoyo, S.Ag

Ilustrasi: Unplash

Bulan Ramadhan sejatinya adalah bulan di mana Allah SWT mengajarkan kepada manusia tentang arti kasih sayang dan mementingkan orang lain (lingkungan sekitar).

Di bulan Ramadhan ini, Allah SWT sesungguhnya ingin memunculkan sifat-sifatnya yang AR-RAHMAN (yang Maha Pengasih), AR-RAHIM (yang Maha Penyayang), AR-RAUF (yang sangat belas kasih), AT-TAWWAB (yang Maha Menerima Taubat), AL-GHOFUR (yang Maha Pengampun),  AL-GHOFFAR (Yang ?Maha Pengampun) AL-BARU (Yang Maha Baik) dan AL-WADUD (yang sangat mencintai makhluknya). Karena itulah di bulan Ramadhan ini, yang menonjol adalah tawaran Allah SWT kepada manusia, untuk membersihkan dirinya atau memperbanyak amalnya dan Allah SWT akan menjawabnya dengan ampunan (MAGHFIROH) atau pahala yang besar (dilipatkan pahalanya).

Rosulullah SAW bersabda: " Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan shalat malamnya (tarawih)  karena iman dan berharap balasan dari Allah SWT, maka akan diampuni semua dosa-dosanya yang telah lalu."

Hadits lain tentang keutamaan Puasa dan shalat tarawih di bulan Ramadham, di riwayat lain Rosulullah bersabda:" Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah SWT mewajibkan berpuasa atasmu dan aku (nabi) menyunahkan atasmu shalat tarawih. Barang siapa yang melakukan keduanya, maka keluarlah dosa-dosanya seperti bayi yg baru dilahirkan oleh ibunya." (H.R.Ibnu Majah)

Maka jika kita benar-benar serius melakukan perintah Allah di bulan Ramadhan ini, yaitu PTT (Puasa, Tarawih dan Tadarus Al-quran), insya Allah semua dosa dan kesalahan kita akan dilebur oleh Allah SWT atau minimal Dibalas dengan pahala yang berlipat-lipat karena keutamaan bulan Ramadhan ini, dan kasih sayang Allah SWT.
Wallahu a'lam bi showaf.

Mudah-mudahan kita semua menjadi hamba-hamba Allah yang setelah selesai bulan Ramadhan bisa kembali suci dari dosa dan kembali suci dari noda-noda pikiran dan perbuatan yang jelek/ kotor. Aamiin ya Rabbal 'aalamiin.[]

Eko Wardoyo, S.Ag 
PE ES HA (Pecinta Sepanjang Hayat) yang mengajar Pendidikan Agama Islam di SMK Bina Utama Kendal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar