[SEPUTAR SEKOLAH] SMK Bina Utama Kendal Mengisi Pengumuman Kelulusan dengan Kegiatan Sosial

Oleh: Nita Jepi Tamara

Foto: Doc. Penulis

SMK Bina Utama Kendal, khususnya kelas XII TKJ 1 berinisiatif melakukan kegiatan sosial. Kegiatan itu sudah direncanakan dua hari sebelum hari kelulusan kelas XII tiba. Kegiatan ini tidak lepas dari dukungan wali kelas, Ibu Rukmosari Handayani, S.Pd serta Bapak/Ibu guru SMK Bina Utama Kendal yang turut andil memberikan donasi melalui kelas XII TKJ 1.

Melihat kurangnya kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan virus covid-19 saat kegiatan di luar rumah, siswa/i SMK Bina Utama Kendal membagikan masker kepada masyarakat sekitar, meliputi; tukang becak, pejalan kaki, pengendara motor, sopir angkutan umum, bahkan polisi dan petugas medis. Pembagian ini dilakukan di dua titik; pertama, alun-alun Kendal tepatnya di perempatan jalan dan area pasar. Sedangkan titik ke-dua berada di wilayah Pegandon, dilakukan di perempatan lampu merah dengan sebagian siswa berjalan menyusuri jalan untuk membagikan kepada masyarakat.

Kegiatan berbagi dilakukan tepat pada hari kelulusan siswa kelas XII, yaitu Senin (04/05/2020) pada jam 09.00 WIB hingga pukul 11.00 siang. Kegiatan ini dibimbing oleh wali kelas sekaligus BK Ibu Rukmosari Handayani, S.Pd yang ikut serta membagikan masker. Meski bulan puasa tidak menghalangi semangat siswa/i dan guru SMK Bina Utama Kendal untuk berbagi.

Tanggapan masyarakat sangat baik. Masyarakat selalu bertanya, “Dari sekolah mana, Dik?“ dan terlihat antusias ketika mengetahui siswa/i tersebut berasal dari SMK Bina Utama Kendal. Selain memberikan kesan-kesan yang cukup baik, masyarakat juga merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan pembagian masker ini. Tepat pukul 11.00 siang pembagian masker selesai. Ibu wali kelas XII TKJ 1 berpesan saat akan pulang, “Saat kelulusan, jangan melakukan tindakan yang melewati batas, dan segera pulang ke rumah masing-masing. Rayakan kelulusan di rumah saja bersama dengan keluarga.“[]

Tentang Penulis:
Nita Jepi Tamara, siswa kelas XII TKJ 1 yang sekaligus menjadi anggota ekskul Jurnalistik SMK Bina Utama Kendal.


2 komentar:

  1. Bisa jadi contoh adek kelas buat lulusan tahun depan supaya tidak cuman coret-coretan saja melainkan melakukan hal positif saat akhir sekolah atau saat kelulusan itu tiba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kak. Terima kasih atas tanggapan kakak. Semoga hari-hari kakak selalu menyenangkan :)

      Hapus