Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Banjir






Unsplash - Genaro Servin

Saat musim penghujan, curah hujan meningkat di hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia. Hari-hari dimulai dengan hujan dan keesokan harinya masih hujan, bahkan berhari-hari setelah beberapa hari selanjutnya. Hujan dan hujan lagi.

Hal ini tentu saja sangat rawan menimbulkan banjir. Terlebih, bagi daerah-daerah pesisir yang berpotensi mendapat air kiriman dari daerah-daerah dengan dataran lebih tinggi sehingga menyebabkan sungai-sungai meluap ke lingkungan di sekitarnya. Kita tentu harus waspada untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk agar bisa meminimalkan risiko bahaya yang mungkin timbul serta menghindari kerugian yang lebih besar.

Lalu, apa yang bisa dilakukan ketika banjir?

Bagi kalian yang tinggal di daerah rawan banjir, hal-hal berikut ini sebaiknya dilakukan:

1. Tidak Panik

Ketika banjir datang, hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk mengendalikan rasa panik. Seringkali ketika perasaan panik melanda, pikiran tidak bisa bekerja dengan baik dan cenderung tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, karena cenderung emosional dan tidak objektif. Pikiran tidak berada pada situasi yang jernih.

Jika memang rasa penik tidak terhindarkan, sebaiknya tenangkan pikiran dengan mengambil jeda; menghirup dan mengembuskan napas berkali-kali, sekiranya tubuh dan pikiran kembali tenang.

2. Selamatkan dokumen penting

Dokumen penting seperti surat-surat, ijazah, dan benda berharga lain selalu dipersiapkan disimpan pada tempat yang aman. Akan lebih bagus memiliki kotak khusus portable yang mudah untuk dipindahkan ketika situasi darurat. Jadi, jika sangat terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman, setidaknya dokumen penting itu akan tetap bisa terselamatkan.

3. Memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi

Jangan tunggu sampai debit air meninggi lebih parah karena kita tidak pernah mengerti jika banjir meningkat dengan waktu yang cepat, sebaiknya persiapkan untuk memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari kerusakan dan kerugian.

4. Periksa persediaan makanan

Hal ini menjadi sangat penting karena saat kondisi banjir akan menyulitkan pergerakan untuk mencari bahan makanan ke luar rumah, atau toko-toko yang tutup karena banjir. Jadi, sebaiknya saat kondisi banjir belum terlalu parah dianjurkan untuk memperbanyak persediaan makanan

5. Memutus aliran listrik

Jika debit air semakin meninggi, bahkan masuk ke dalam rumah, meskipun belum terlalu tinggi, sebaiknya untuk segera memutuskan aliran listrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti konsleting listrik.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar