Berbagi Takjil: Ramadhan, Indahnya Berbagi

OSIS, Pramuka, dan Taruna
 

Kebaikan bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Saat bulan Ramadhan ini misalnya, kita bisa berbagi takjil kepada sesama. 

Seperti yang disebutkan dalam hadits, Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Berbagi takjil juga merupakan ibadah sosial, karena selain kita harus beribadah secara vertikal (kepada Allah), kita juga harus beribadah secara horizontal (sesama manusia), sehingga keduanya memiliki keseimbangan dan saling memberi dampak baik untuk keberlangsungan hidup kita.

Selain itu, berbagi dalam bentuk apapun juga akan menumbuhkan energi positif; baik dari pemberi maupun penerimanya, karena tak jarang saat seseorang memberi kepada orang lain, ia akan merasa bahagia karena melihat orang lain berbahagia atas apa yang sudah diberikan kepada orang lain itu. Indah sekali, kan?

Untuk menumbuhkan niat baik itulah, SMK Bina Utama melalui perwakilan organisasi OSIS, Pramuka, dan Taruna melakukan kegiatan berbagi takjil pada Minggu (01/05). Pembagian takjil tersebar di beberapa titik, antara lain: Weleri, Kalirejo, Wonosari, Pasar Gladak (Kaliwungu), dan perempatan Sedayu dengan persiapan dimulai pukul 08.00 WIB hingga akhirnya kegiatan diakhiri pada pukul 19.00 WIB.

Bapak Holy Ghozali, S.Ds mengungkapkan, dari kegiatan ini diharapkan nantinya tertanam jiwa rela berkorban dan dermawan dari para siswa. Selain itu juga akan menambah keakraban dan rasa kekeluargaan antar siswa SMK Bina Utama Kendal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar