Pesantren Ramadhan SMK Bina Utama Kendal


 
Bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di seluruh dunia karena di bulan ini setiap amalan baik dijanjikan pahala yang berlipat ganda jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini pula, hendaknya setiap umat muslim meningkatkan ketaqwaannya, yaitu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah.

Berangkat dari hal itu, SMK Bina Utama Kendal menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang berlangsung pada 26 April-7 Mei 2021 dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berlangsung di masjid-masjid dan pondok pesantren dengan lokasi terdekat dengan tempat tinggal siswa, dengan tujuan agar siswa tidak terlalu berkerumun dalam satu lokasi saja, serta untuk memudahkan akses .

Titik-titik yang difokuskan antara lain: Pring Jagad (Sukodono), Ponpes MHM (Dodokan, Purwokerto), Masjid Al muttaqin (Karangayu Cepiring), Masjid Baitussalam (Gebang Anom), MAsjid Al Istiqomah (Protomulyo, Kaliwungu selatan), Masjid Baitur Rakhim (Blorok, Brangsong), Masjid Nurul Huda (Ngampel Kulon), Masjid Baitul Makmur (Tegorejo, Pegandon), Masjid Darussalam (Gebang, Gemuh), Masjid Al Istiqomah (Kedunggading, Ringin Arum, Weleri).

Selain tadarus Al-Quran, kegiatan ini berisi tausiyah yang disertai diskusi tanya jawab mengenai amalan ibadah sholat, puasa, akhlaq, dan zakat fitrah. Selain itu, ada pula kajian-kajian yang meliputi: kajian tauhid, kajian fiqh, kajian akhlak, kajian Al-Quran dan Hadits.



Dengan pembiasaan-pembiasaan seperti ini, Bu Enny Dwi Yuniastuti, S.HI selaku pendamping mengungkapkan, nantinya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada Pesantren Ramadhan ini mampu diaplikasikan siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar