Profil: Mengenal Lebih Dekat Kepala SMK Bina Utama Kendal


Pak Hariyadi ketika mewakili SMK Bina Utama saat menerima hadiah lomba video film pendek Hari TNI

M. Hariyadi, M.Pd. yang biasa disapa Pak Har ini lahir di Kendal, 32 tahun yang lalu. Mulai menjabat sebagai Kepala Sekolah SMK Bina Utama Kendal pada tahun 2021 dan masih berlangsung sampai saat ini. Sebelum menjadi Kepala Sekolah, Pak Har terlebih dahulu merampungkan jabatannya sebagai Wakil Manajemen Mutu, dilanjutkan dengan Waka. Kurikulum.

Sebagai pengajar, Pak Har mengampu mata pelajaran Bahasa Jawa setelah menempuh pendidikan S1 di Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa di IKIP PGRI Semarang, dilanjutkan dengan S2 di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Semarang.

Sebagai pribadi yang memiliki tekad dan keinginan yang kuat dalam meningkatkan skill, Pak Har sudah mengikuti berbagai Diklat, antara lain:

MIE (Microsoft Inovattive Educator) yang dilaksanakan tahun 2020. MIE merupakan aplikasi pembelajaran daring menggunakan MS. Teams. Program ini memberikan kesempatan kepada pendidik untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam mempelajari berbagai alat bantu dari Microsoft sehingga bisa mengaplikasikan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan menjadi seorang profesional pendidik yang siap untuk belajar, berbagi, dan terus berkembang. Diklat ini sebagai bekal untuk melaksanakan pembelajaran daring ketika pandemi covid-19.

Diklat kedua yang diikuti Pak Har yaitu GPK atau Guru Pembimbing Khusus dalam Pendidikan Inklusif, diklat ini diawali dengan daring dari Sim PKB kemudian dilanjutkan Bimtek secara luring di Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2020. Pendidikan inklusi ini sejalan dengan semangat dan jiwa UUD 1945 Pasal 31 tentang hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan dan Pasal 32 UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur mengenai pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus. Sedang pemerataan kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus dilandasi pernyataan Salamanca Tahun 1994 yang merupakan perluasan tujuan Education For All (EFA). Pendidikan inklusif membawa makna bahwa anak mendapat kesempatan utuk hadir (di sekolah), berpartisipasi dan mendapatkan hasil belajar yang bermakna dalam hidupnya.

Diklat ketiga yaitu Diklat Manajerial Kepala Sekolah, diklat ini dilaksankan di Malang pada tahun 2021. Diklat manajerial kepala sekolah yang diikuti berbasis industri 4.0 dalam rangka menuju sekolah berbasis industri 4.0. Secara umum, tujuan diklat penguatan kepala sekolah adalah untuk memperkuat kompetensi kepala sekolah pada Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, Kepemimpinan, Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 SNP.

Pak Har berpesan kepada seluruh warga SMK Bina Utama Kendal terutama para siswa yaitu apapun keadaanmu hari ini, kamu memiliki masa depanmu yang cerah. Jadi jangan pernah untuk berhanti berharap.

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat bisa follow IG beliau @arwibiz.92 atau dapat kirim pesan ke email muhamadhariyadi88@gmail.com

Bagaimana Guys? Sekarang kamu sudah lebih mengenal Kepala Sekolah kita dong ya? Jangan sampai tidak kenal lho ya, karena ada ada yang mengatakan: tak kenal, maka tak sayang …


Tidak ada komentar:

Posting Komentar