40 Siswa SMK Bina Utama Kendal Laksanakan Tes UKBI

 

Peserta UKBI

Sebanyak 40 siswa SMK Bina Utama Kendal melaksanakan Giat UKBI yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada (25/10) dan (26/10) yang dibagi menjadi 20 siswa per hari. Peserta mempersiapkan diri pukul 07.30 WIB dan selesai tergantung kemampuan masing-masing siswa. Sebelum mengikuti tes UKBI, peserta terlebih dahulu melakukan pendaftaran yang dilakukan dua hari sebelumnya.

UKBI merupakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. UKBI digunakan untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulis. UKBI dibagi menjadi lima sesi. Sesi I berupa sesi mendengarkan. Pada tahap ini peserta mendengarkan audio kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada PC. Sesi II berupa sesi merespon kaidah. Pada tahap ini peserta mendapat pertanyaan berupa respon kaidah. Sesi III berupa sesi membaca, sesi IV berupa sesi menulis dan seksi V juga berupa sesi membaca.Kegiatan ini berlangsung dengan proses yang tertib dan lancar. 



UKBI dimaksudkan untuk menyetarakan bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia, dan untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya di dalam dan luar negeri, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya. UKBI di selenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Tingkat kesulitan butir soal yang diberikan pada tingkat lanjut tergantung dari hasil yang diperoleh siswa setelah mengerjakan soal tingkat pertama, apakah siswa tersebut akan mendapatkan soal yang lebih mudah atau yang lebih sulit.

Hasil dari uji kemahiran ini dibagi menjadi tujuh bagia, yaitu:

Istimewa, skor 725-800
Sangat unggul, skor 641-724
Unggul, skor 578-640
Madya, skor 482-577
Semenjana, skor 405-481
Marginal, skor 326-404
Terbatas, skor 251-325

Setelah mengerjakan tes UKBI tersebut, peserta memperoleh sertifikat yang dikirim melalui surat elektronik peserta atau dikirim langsung melalui akun peserta dalam aplikasi yang ditandatangani oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar