[ESAI] R. A Kartini dan Emansipasi Wanita

Oleh: M. Maulana Malik Ibrahim


Ilustrasi: Vecteezy
Siapa sih yang gak kenal ibu pahlawan ini?

Hayo, siapa hayoo?

Ciee, lupa atau lupa?

Squad, perkenalkan ini namanya Raden Ajeng Kartini atau R. A. kartini, beliau adalah satu dari sederet pahlawan perempuan nasional yang meninggalkan jasa besar untuk negeri dalam hal emansipasi wanita di Indonesia. R. A. Kartini anak perempuan tertua yang berasal dari keluarga ningrat Jawa. Ayahnya seorang Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Sosriningrat dan sang ibu bernama M.A. Ngasirah. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, pada 21 April 1879. Ia lahir di tengah-tengah keluarga bangsawan oleh sebab itu ia memperoleh gelar R.A (Raden Ajeng).

Squad, kalian biasa membaca buku dari kumpulan surat-surat Raden Ajeng Kartini yang terkenal yang berjudul “Door Duistermis tox Licht, (Habis Gelap Terbitlah Terang)". di sana banyak sekali kutipan inspiratif dan motivasi buat squad dan seluruh wanita Indonesia agar menjadi perempuan yang hebat. 

Dari Buku tersebut saya suka sekali kutipan yang berbunyi: 

Jangan Mengeluh

"Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang."

Teruslah Bermimpi

"Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam."

Jangan Takut Kesulitan

"Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu."

Jangan Menyerah

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang."

Emansipasi barangkali dimaksudkan untuk menyejajarkan derajat perempuan dengan laki-laki, namun tentu saja baik perempuan atau laki-laki punya fitrahnya masing-masing. Menurut Kartini, perempuan dan laki-laki itu memiliki keunggulan dan juga kelemahannya masing-masing yang unik, sebab itu mereka memerlukan satu dengan yang lainnya, saling melengkapi.

Quiz 

1. Siapakah sosok pahlawan penurus Raden Ajeng Kartini sekarang?

2. Seperti apa perjuangan mereka?

3. Apa Harapan buat squad dan seluruhnya Indonesia untuk meneruskan cita-cita Raden Ajeng Kartini?

4. Apakah ada sosok penerus R.A. Kartini di masa penyebaran covid-19?

5. Berilah motivasi yang mengadopsi semangat R.A. Kartini diera penyebaran covid -19 saat ini!

Demikianlah, semoga kita senantiasa bisa mengambil manfaat dari para pendahulu kita agar cita-cita bangsa tercapai, karena merdeka tidak pernah cukup, jika tidak diimbangi dengan semangat-semangat untuk maju membangun diri secara khusus, dan membangun negara secara umum.[]

Tentang Penulis:
M. Maulana Malik Ibrahim, pelajar SMK Bina Utama Kendal kelas X TBSM 4.

Referensi:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-hari-kartini-yang-menginspirasi-perempuan-indonesia-1svb2n3TGta

https://m.detik.com/news/berita/d-4518469/hari-kartini-2019-ini-sejarah--kutipan-inspiratifnya

4 komentar:

  1. 1.pelajar
    2.menimba ilmu sebanyak banyaknya
    3.meneruskan perjuangan R. A kartini berupa belajar yang giat menuntut ilmu sebanyak banyaknya sampai menjadikan negri ini sukses
    4. Ada dan masih banyak juga
    5.tuntutlah ilmu walau kondisi sekarang ada penyebaran covit 19

    BalasHapus
  2. 1.Tri Rismaharini,Noni Purnomo,Veronica colondam,Sri Mulyani,Yuyun Ismawati.
    2.a.tri Rismaharini: Kerendahan hati namun tegas dalam memimpin menjadi sumber kekuatannya membawa kota Surabaya lebih baik dan bahkan menerima banyak penghargaan.
    b.noni Purnomo:sebagai wanita paling inspiratif di Indonesia berkat kerja kerasnya. Sejak memegang amanah sebagai Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, nama Noni menjadi salah satu pemimpin wanita yang menonjol di Indonesia. Perannya dalam perusahaan sebagai penentu strategi jangka panjang dari semua unit usaha .
    c.veronica colondam: membantu lebih dari 20.000 keluarga dan pada saat yang sama membantu 25.000 anak-anak untuk kembali ke bangku sekolah. Sistem keuangan mikro yang dibuatnya di bidang pendidikan mewujudkan kembali impian anak-anak untuk bisa meraih cita-citanya.
    d.sri Mulyani:Menjabat sebagai Chief Operating Officer and Managing Director, World Bank.
    e.yuyun Ismawati:mendirikan sebuah LSM yang kini disebut sebagai Balifokus Foundation dan berkonsetrasi pada isu-isu kesehatan lingkungan.
    3.Mengajak Untuk Melakukan Pengabdian masyarakat, meningkatkan kapasitas perempuan.
    4.yaitu perawat wanita di rumah sakit untuk merawat orang yang terinveksi virus Corona dengan semangat,gigih, dan bekerja keras .

    5.Tetap semangat ya, banyak teman-teman yang selalu mendoakan dan mendukung para tenaga medis seperti panjenengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa sekali. Semangat ya. Semoga sukses :)

      Hapus