Inilah 5 Aplikasi Buku Digital Gratis dan Legal yang Wajib Kamu Coba

Suka baca buku tapi merasa buku adalah barang yang mahal? Ingin baca buku digital secara gratis dan legal? Berterima kasihlah kepada internet, karena di era revolusi 4.0 saat ini, hampir semua informasi bisa diakses dengan mudah dan dalam waktu yang sangat  singkat, tanpa batas jangkauan karena bisa diakses secara online dan sangat praktis karena hanya dibutuhkan perangkat seperti smartphone android untuk bisa menggunakannya.

Aplikasi berikut ini merupakan aplikasi penyedia buku digital yang legal, gratis, dan tidak menyalahi UU Hak Cipta penulis atau penerbitnya, yang wajib dan harus kamu coba jika kamu hobi membaca, bahkan menulis:

1. iPusnas 

iPusnas merupakan aplikasi penyedia buku elektronik perpanjangan tangan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bisa diakses oleh siapa saja yang sudah mendaftar dan memiliki akun di aplikasi tersebut. Tidak berbeda jauh dengan sistem layanan peminjaman buku konvensional, user yang sudah mendaftar dan memiliki akun bisa meminjam seluruh koleksi buku elektronik yang disediakan. Dengan adanya aplikasi ini, tentu saja akan mempermudah siapa saja yang hobi membaca tetapi tidak mau repot-repot berkunjung ke perpustakaan, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 


Selain bisa diunduh melalui smartphone android di playstore, apikasi ini juga bisa diunduh pada dekstop PC. Buku-buku yang akan dipinjam haruslah terunduh pada perangkat terlebih dahulu, dengan masa pinjam maksimal lima hari, dan apabila buku-buku yang dipinjam tersebut tidak dikembalikan sampai batas maksimal masa pinjam, akan dikembalikan secara otomatis oleh sistem. 

2. iJakarta 


Cara kerja aplikasi iJakarta tidak jauh berbeda dengan iPusnas, kecuali bahwa aplikasi ini dikeluarkan oleh provinsi DKI Jakarta untuk menjangkau user perpustakaan berbasis platform digital. Aplikasi ini diresmikan pada Oktober 2015 dan telah mendapat dukungan dari berbagai penerbit mayor seperti Mizan, Gramedia, Gagas Media, Erlangga, dan masih banyak yang lain. 


Aplikasi iJakarta menyediakan waktu peminjaman maksimal empat hari, dan jika buku belum dikembalikan sampai batas maksimal peminjaman, buku akan otomatis dikembalikan oleh sistem. 

Meskipun aplikasi sejenis ini mempermudah user dengan tanpa memiliki batas wilayah, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kelemahan, salah satunya jika buku-buku yang diinginkan user memiliki jumlah eksemplar yang terbatas, tetapi secara kebetulan sudah dipinjam semua. Hal ini berarti bahwa user harus menunggu antrean yang tidak jarang sampai puluhan hingga ratusan antrean peminjaman. 

3. Storial.co 


Aplikasi storial.co bukan merupakan platform digital yang secara resmi dikeluarkan oleh perpustakaan, akan tetapi sama-sama menyediakan akses buku-buku elektronik. Storial berfungsi sebagai wadah bagi siapa saja yang ingin membaca dan menulis secara online. Bagi kamu yang suka menulis bisa memanfaatkan platform ini sebagai penulis, sedangkan bagi kamu yang suka membaca, bisa mengkasesnya sebagai pembaca. Dan tidak jarang, penerbit-penerbit yang sedang mencari naskah penulis berpotensi untuk diterbitkan, mencarinya melalui platform ini, terutama bagi naskah-naskah yang sangat populer dan disukai pembaca. 

4. Wattpad 


Wattpad merupakan aplikasi yang menyediakan buku-buku elektronik asal Kanada dengan berbagai jenis genre yang dibutuhkan oleh user. Sama halnya dengan Storial.co, Wattpad juga menjadi wadah bagi kamu yang menyukai membaca, sebagai pembaca, dan menjadi penulis bagi yang suka menulis. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menuliskan cerita-ceritamu agar diketahui oleh banyak pembaca, kan? 

5. Webtoon 


WEBTOON adalah sebuah portal penerbitan webtoon yang diluncurkan oleh Naver Corporation di Korea Selatan pada tahun 2005. Layanan ini memperoleh banyak daya tarik selama akhir tahun 2000-an dan awal tahun 2010-an. Layanan ini pertama kali diluncurkan di Korea Selatan sebagai Naver Webtoon dan kemudian secara global sebagai LINE Webtoon pada Juli 2014 dikarenakan merek Naver tidak begitu dikenal di luar negeri dan beberapa layanannya juga tidak tersedia di luar Korea Selatan. Pada tahun 2016, layanan webtoon dari Naver memasuki pasar Jepang sebagai XOY dan pasar Tiongkok sebagai Dongman Manhua. Pada 18 Desember 2018, Naver menutup layanan XOY di Jepang dan memigrasi semua webtoon orisinal dan yang diterjemahkan ke LINE Manga, layanan manga mereka yang menawarkan manga berlisensi.

Demikianlah 5 aplikasi baca gratis dan legal yang bisa dan harus kamu coba untuk mengisi waktu luang selama libur/ belajar di rumah selama pandemi covid-19.[]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar